468x60 Ads

Sharing Modem Menggunakan LAN

LAN singkatan dari Local Area Network, LAN berbasis Area yang di batasi oleh jarak dan tempat, tidak sepertisinyal wifi ataupun wireles yang tidak di batasi oleh ruang dan jarak. LAN di gunakan dalam jaringan yang berada di satu ruangan. untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain, kabel sangatlah berperan penting dalam hal ini. kabel yang bertugas menyambungkan antara satu komputer dengan yang lainnya. Kabel yang di gunakan ialah kabel UTP. Kabel UTP di bagi 2 berdasarkan susunan warnanya
  • Straigh-Through 
  •  Cross over
Dalam sharing modem , kita dapat menggunakan kedua jenis kabel UTP tersebut dengan kepala konektor berjeniskan RJ-45, tetapi agar lebih bagus gunakanlah kabel Cross karna kita membuat jaringan dalam bentuk peer to peer. RJ-45 di gunakan untuk lubang konektor standart yang ada pada laptop maupun komputer anda.
Lihat Sketsa Gambar yang nantinya akan saya buat :




Jika sudah melihat sketsa di atas maka langkah-langkah yang pertama ialah Pasangkan kabel UTP jenis straight pada konektor yang telah tersedia di komputer atau laptop anda, hubungkan kabel tersebut antara server dengan user 1.

SETTINGAN PADA SERVER

Koneksikan modem anda pada komputer atau laptop yang akan menjadi server. Kemudian setting komputer server agar dapat di sharing, langkah cepat, klik menu "start" yang ada di taksbar windows anda, di kotak pencarian ketikkan nama "View Network Connection", jika sudah jumpa View Network Connection maka enter atau mengkliknya.

Setelah masuk dalam control panel, silahkan anda memilih connection modem yang sedang aktif, seperti misalnya punya saya ini.



Kemudian klik kanan, pilih properties, selanjutnya silahkan anda pilih di option sharing, pada "Internet connection sharing" , silahkan anda centang ketiga perintah yang ada di sana. silahkan lihat gambar.



Setelah siap menyetting pada internet sharing, sekarang pilih options Networking , pilih "internet protocol versiaon 4 (TCP/IPv4)" silahkan setting IP seperti gambar di bawah kemudian OK.



SETTINGAN PADA USER 1

Sekarang kita setting pada user 1, sama seperti tadi, buka "View Network Connection" pada pencarian di menu "start" taksbar windows,jika sudah jumpa maka enter atau mengkliknya, muncul kotak dialog untuk pemilihan jaringan, klik kanan pada "local area connection" pilih "properties" kemudian  pilih "networking", pilih lagi "internet protocol version 4 (TCP/IPv4)", muncul kotak dialog baru dan pilih "use the following IP address". lakukan settingan seperti berikut :
  • IP address :192.168.1.2
  • subnet mask :255.255.255.0
  • default gateway : 192.168.1.1 (mengikuti IP address pada server)
setelah mengisi kolom pertama dan ketiga, maka pilihlah "use the following IP addresses", setting seperti berikut :
  • Preffered DNS server : 192.168.1.1
  • Alternate DNS server : -
Kemudian "OK", lihat gambar :


Kedua komputer sudah terkoneksikan , sekarang cobalah buka browser anda dan nikmati internetan dengan teman. semoga cara ini bermanfaat dan berguna untuk anda, jika ada pertanyaan, sanggahan, kritikan, dan saran, silahkan berkomentar di kotak komentar yang telah saya sediakan. sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar